Subscribe:

Selasa, 04 Januari 2011

INTERNET KREATIF dari seminar indosat M2

INTERNET  KREATIF
“ Synergizing Education & Creative Industry With ICT”
By    :
James F. Tomasow
Founder of  ICT4 Education Indonesia

            Dalam seminar yang bertema Internet Kreatif  “Synergizing Education & Creative Industry With ICT” dengan pembicara bapak James F. Tomasow mengungkapkan adanya link yang putus dari pihak pengusaha dengan pihak pendidikan  atau universitas yang menyebabkan banyaknya lulusan-lulusan dari universitas yang tak tertampung dengan ilmu yang mereka miliki ke dalam sebuah wadah  creative industry. Di tahun 2011 diprediksi bahwa pengguna internet di Indonesia akan tumbuh, pertumbuhan ini akan percuma jika tidak diimbangi dengan manusia-manusia industry creative baru.
Kendala yang dihadapi dengan pesatnya petumbuhan pengguna internet yang diprediksi yaitu tidak adanya konten yang dibuat  atau yang berpusat dari Indonesia. Perlu diketahui pada tahun 2011 nanti pengguna internet di tanah air diperkirakan mencapai 93 juta , dari 93 juta pengguna internet tersebut 60 juta pengguna dari usia muda atau usia produktif. Dari sini terlihat bahwa usia produktiflah yang paling banyak memakai jasa internet, karena kaum muda lebih condong memakai internet ke social media seperti facebook, pengguna facebook di Indonesia menempati urutan ke 2 paling banyak setelah amerika.
Jika dibandingkan dengan Negara-negara lain seperti Cina, pengguna layanan yang diakses oleh setiap user terlihat berbeda jauh dengan Indonesia seperti yang terlihat pada rincian 10 besar disetiap negara dibawah ini :
          Indonesia                                                      
1. Facebook.com    6. Kaskus.us                   
2. Google.co.id        7. Youtube.com              
3. Google.com         8. Wordpress.com          
4. Yahoo.com          9. Detik.com                   
5. Blogspot.com     10. 4shared.com               

                         Cina
1. Baidu.com              6. 163.com
2. Qq.com                  7. Sohu.com
3. Taobao.com           8. Youku.com
4.Sina.com                 9. Soso.com
5. Google.com.hk      10. Youku.com
Apa yang salah dengan Indonesia? Kenapa facebook tidak masuk ke dalam 5 besar di Cina?
            Terlihat jelas bukan perbedaannya, dimana di Negara Cina produk lokal lebih dominan menguasai dunia internet dari pada produk luar, sedangkan di Indonesia produk lokal hanya  mampu menorehkan 2 anggotanya di 10 besar tanah air. Jika Indonesia bergantung pada produk luar atau content luar maka berapa besar devisa yang harus kita berikan setiap menit, jam, hari, bulan pada Negara lain, seperti halnya facebook yang berpusat di amerika.
Dari masalah diatas dapat disimpulkan berbagai aspek mendasar diantaranya :
1. Tren pengangguran angkatan kerja terdidik
2. Dunia pendidikan belum mampu mencetak tenaga yang produktif

Jika sebuah negara mengalami masalah seperti yang dijelaskan diatas maka,
  • Sebagian besar devisa “melayang” dari total belanja nasional infrastruktur telekomunikasi.
  • Pertumbuhan infrastruktur telekomunikasi yang pesat belum mampu memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan industry manufaktur dalam negeri.
  • Peran industry dalam negeri (IDN) hanya sebagai peran pembantu dan penonton dalam infrastruktur.

Solusi  dari penyelesaian masalah-masalah diatas salah satunya bisa diatasi dengan Industri Kreatif, dimana definisi industry kreatif itu sendiri yaitu industry yang bersumber pada keterampilan dan talenta melalui kreatifitas dan daya inovasi, karakteristik industry kreatif TIK menyangkut semua aspek yang mengarah ke system informasi, diamana TIK sendiri berbentuk context, content, channel, sedang yang lain bisa berbentuk creative industry enablers seperti design, production dan lainnya. Dengan banyaknya creative dan inovasi dari anak-anak muda Indonesia diharapkan bisa mengambil alih dari ketergantungan produk atau kontent-kontent luar. Mengapa content local perlu dan penting? Karena,
  • Akses lebih cepat
  • Menambah lapangan pekerjaan
  • Menambah devisa Negara
  • Biaya internet, hosting, server akan lebih murah
Dan bagaimana tips untuk menampilkan website atau blog di halaman pertama pada search engine google? Berikut beberapa tips :
  •  Hasil yang paling sesuai yang mudah ditebak pengguna
  • Mengikuti kesenangannya google
  • Letakkan title dengan nama produkü 
  • Perbanyak link atau teman
 - semoga bermanfaat ^^ -

Related articles (Artikel Terkait) :

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis comment yang bermutu ya !!!!